Cara Penggunaan dan Mengoperasikan Microsoft Word, Mudah dan Gampang!
Cara Penggunaan dan Mengoperasikan Microsoft Word, Mudah dan Gampang!
Salah satu aplikasi pengolah kata yakni “Microsoft Word” saat ini sedang populer digunakan karena anjuran pemerintah untuk bekerja di rumah (Work From Home). Sehingga semua orang dianjurkan untuk mempelajari penggunaan dan pengoperasian aplikasi Microsoft word.
Belajar Microsoft word sebenarnya bisa dengan banyak cara, seperti dengan les privat atau mencari berbagai referensi yang tersebar di internet. Sebagai pemula, kalian harus mengetahui dasar-dasar mengoperasikan Microsoft word, seperti langkah-langkah membuka Microsoft word, membuat dokumen baru, mengedit dokumen, dan menyimpan dokumen dengan tepat.
Cara Mengaktifkan Microsoft Word
1. Membuka Microsoft Word Lewat Icon di Dekstop
- Klik dua kali (Double Click) icon microsoft word yang terdapat pada desktop komputer atau laptop kalian.
- Tunggu hingga muncul tampilan awal aplikasi Microsoft word seperti gambar berikut.
Tapi, bagaimana jika icon Microsoft word tidak muncul atau tidak tampil di layar komputer kalian? Nah, silahkan lakukan langkah berikut ini.
2. Membuka Microsoft Word Pada Menu All Programs
- Pada desktop computer kalian, klik icon windows yang terletak di sudut kiri bawah layar computer kalian.
- Pilih menu All Programs.
- Pilih Microsoft Office kemudian pilih Microsoft Office Word.
- Tunggu sampai tampilan halaman lembar kerja Microsoft Office terbuka seperti gambar berikut.
3. Membuka Microsoft Word Melalui Windows+Run
- Pada keyboard laptop atau komputer kalian, tekan logo windows dan huruf R secara bersamaan (Windows+R) untuk membuka kotak dialog Run seperti gambar berikut.
- Ketik “winword” lalu tekan enter.
- Tunggu sampai tampilan halaman lembar kerja Microsoft Office terbuka seperti gambar berikut.
Cara Membuat Dokumen Baru di Microsoft Word
- Pada lembar kerja Microsoft Word, klik menu file yang terletak di sudut kiri atas layar komputer kalian.
- Untuk membuat lembar kerja atau dokumen baru, klik New.
- Pilih “Blank Document” lalu klik create.
- Lembar kerja yang baru akan muncul seperti gambar berikut.
Cara Menyimpan Dokumen Dengan Tepat
- Setelah membuat dokumen dan mengedit dokumen, kini saatnya kalian menyimpan dokumen hasil lembar kerja kalian agar dokumen yang telah kalian buat tidak hilang jika kalian keluar dari aplikasi Microsoft Word.
- Pertama, klik menu file yang terletak di sudut kiri atas layar komputer kalian.
- Untuk menyimpan dokumen, kalian bisa mengklik “Save” atau “Save As”.
- Kalian akan diarahkan untuk menyimpan dokumen sesuai dengan keinginan kalian. Pada bagian file name, kalian bebas memberi nama pada dokumen kalian. Sedangkan pada bagian save as type kalian akan diberi pilihan, apakah dokumen kalian akan disimpan dengan type docx, pdf, txt, dll.
Setelah nama file dan bagian save as type diisi, lalu klik save untuk menyimpan dokumen. Untuk hasil ketikan dari Microsoft Word biasanya disimpan dengan type .doc atau .docx.
Selain cara diatas, ada cara yang lebih mudah untuk menyimpan dokumen, yaitu dengan menekan tombol shortcut ctrl+S pada keyboard kalian, lalu simpan file dokumen pada folder atau direktori yang sesuai dengan keinginan kalian.
Selain dasar-dasar mengoperasikan aplikasi Microsoft Word seperti diatas, sebenarnya masih banyak lagi trik Microsoft Word yang perlu kalian ketahui. Artikel ini hanyalah panduan dasar untuk pemula yang baru mengenal aplikasi Microsoft Word. Kalian juga perlu mengetahui fungsi dari setiap menu yang ada di Microsoft Word agar kalian dapat menguasai aplikasi pengolah kata ini.
Comments
Post a Comment